Selasa, 10 Juni 2014

Materi Praktikum Linux

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

     Apa kabar sahabat? semoga kita dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan materi Praktikum Linux dengan menggunakan Linux Red Hat. Namun sebelum kita mendownload materinya, mari kita baca terlebih dahulu Linux Red Hat.
       Linux diperkenalkan pertama kali pada Agustus 1991 oleh Linus Torvalds. Linux merupakan versi berbeda dari UNIX yang menyerupai UNIX. Linux merupakan sistem operasi multi-user dan multi-tasking. Artinya lebih dari satu orang dapat masuk ke komputer Linux yang sama dan pada waktu yang sama. User yang sama dapat masuk ke account dari dua atau lebih terminal pada waktu yang sama. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.
      Linux Red Hat mendukung perangkat keras PC yang kompatibel untuk x86. Sebelumnya, perangkat keras yang dapat didukung terbatas, tetapi sekarang, Linux menjadi salah satu tujuan dari vendor perangkat keras. Untuk mengakses sistem membutuhkan authentication. Metode yang biasa
digunakan untuk authentication user adalah proses login dengan memasukkan nama user dan password. Untuk memasuki system console dapat menggunakan login berbasis teks atau grafis. Setiap pemakai Linux harus mempunyai nama login (user account) yang sebelumnya harus didaftarkan pada administrator system. Nama login umumnya dibatasi maksimum 8 karakter dan umumnya dalam huruf kecil. Prompt dari shell bash pada LINUX menggunakan tanda “$”.
           Setelah mengetahui sedikit tentang Linux, silahkan didownload materinya:

         Semoga materi diatas bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar