Sabtu, 07 Juni 2014

multimedia : tools, trends and applications





TUGAS KELOMPOK MULTIMEDIA

“ MULTIMEDIA : TOOLS, TRENDS, APPLICATIONS ”
KELOMPOK 3 :
1.                 ALI IKWAN (133040017)
2.                 INDRA SULISTIONO
3.                 SEPTIONO
4.                 QOFA

UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
2014




TOOLS PADA MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Berikut ini adalah beberapa tools multimedia sebagai berikut :
·      Macromedia Dreamweaver
Sebuah HTML editor profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.
·      Windows Movie Maker
Salah satu software bawaan microsoft windows xp yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis (meski barang gratisan, applikasi ini bisa digunakan untuk menciptakan sebuah film dengan sangat baik) yang mempunyai kegunaan untuk capture video dan membuat atau merancang sebuah alur video. Meskipun fasilitas yang dimiliki oleh Windows Movie Maker ini masih terbatas bila dibandingkan dengan software pengolah video lainnya seperti adobe premiere, pinacle, vegas video. 
·      Adobe Photoshop
Perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
·      Corell Draw 
Sebuah program komputer untuk melakukan editing pada garis vektor. Progam ini diproduksi oleh Corel, yaitu sebuah perusahaan software yang pusat pengembangannya berada di Ottawa, sebuah nama kota di negara Kanada. Karena kegunaan corel draw sebagai alat untuk pengolahan gambar, maka program ini sering digunakan untuk menyelesaikan perkerjan di bidang publikasi atau percetakan maupun bidang yang lain yang butuh proses visualisasi.

·      Autocad
Sebuah program yang biasa digunakan dalam pembentukan model serta lakaran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Perisian ini boleh digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan kepakaran seperti bidang kejuruteraan Mekanikal, Awam, Senibina, Rekabentuk Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.
Sistem perisian lukisan terbantu komputer ini akan membekalkan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan piawaian di samping segala informasi di dalam lakaran boleh digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Baham (BOM), kaedah kawalan dan numerical dan sebagainya. Dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu kerja pada tahap kecekapan dan yang tinggi ketepatan di samping menjimatkan masa dengan hanya perlu memberi beberapa arahan yang mudah.
Lukisan yang dibentuk melalui perisian ini boleh dipindahbentuk untuk kegunaan perisian grafik yang lain melalui beberapa format seperti DXF ( Data Exchanged File), IGES, dan SLD. Tambahan pula berbantukan perisian ini juga, berkemampuan untuk membentuk dan menganalisa model pepejal dalam kerja-kerja rekabentuk kejuruteraan. Untuk memenuhi keperluan yang lebih canggih, perisian ini mampu membawa pengguna mengautomasikan kerja-kerja penggunaan pengaturcaraan sokongan seperti LISP, dan ADS untuk membentuk arahan tambahan tersendiri.
Sebelum sesuatu kerja dilakukan, asas mengetahui sesuatu sistem perkomputeran beroperasi adalah penting bagi memudahkan segala kerja yang dilakukan supaya tidak timbul sebarang masalah sama ada sebelum atau selepas penggunaan sistem tersebut.Oleh itu, perkara asas yang perlu diketahui sebelum pengendalian sesuatu komputer adalah seperti pengetahuan dalam penggunaan sistem operasi (operating system), penggunaan “hardware” dan “software”. 
·      Microsoft Office
Microsoft office adalah suatu program yang familiar di kalangan user computer.karena dengan kegunaan nya yang multi fungsi. microsoft office sendiri
sudah mengeluarkan beberapa versi nya dri mulai office 98, 2000, 2003, 2007 dan yang terbaru office 2010. Microsoft office pun terbagi menjadi beberapa aplikasi/program yang kegunaan nya berbeda-beda yaitu :
*Microsoft word
*Microsoft excel
*Microsoft power point
*Microsoft acces
*Microsoft info part
*Microsoft outlook
*Microsoft publisher
·      WEB
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Maka dari itu website adalah termasuk tools dari multimedia.
·      Winamp
Winamp merupakan perangkat lunak pemutar media milik Nullsoft , yang kini anak perusahaan Time Warner . Winamp merupakan perisian perisian percuma / perisian kongsi yang menampung pelbagai format dan boleh diubah kulitnya . Winamp merupakan perangkat lunak perangkat lunak gratis / lunak kongsi yang menampung berbagai format dan dapat terakhir kulitnya.
Winamp pertama kali dikeluarkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Penghargaan bagi pembangunan semasa Winamp diberi kepada Ben Allison (benski), Will Fisher , Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis. Penghargaan untuk pembangunan saat Winamp kepada Ben Allison (benski), Will Fisher , Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis. 
Pada tahun 2005 bilangan pengguna bulanan Winamp naik dari 33 juta ke lebih 57 juta, menjadikannya pemain media yang kedua paling aktif digunakan [perlu rujukan] seluruh dunia, hanya mengekori Windows Media Player.
·      Windows Movie Maker
Windows Movie Maker merupakan salah satu software bawaan microsoft windows xp yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis (meski barang gratisan, applikasi ini bisa digunakan untuk menciptakan sebuah film dengan sangat baik) yang mempunyai kegunaan untuk capture video dan membuat atau merancang sebuah alur video. Meskipun fasilitas yang dimiliki oleh Windows Movie Maker ini masih terbatas bila dibandingkan dengan software pengolah video lainnya seperti adobe premiere, pinacle, vegas video.
Movie maker ini berisi fitur seperti efek, transisi, judul / kredit, audio track, timeline narasi, dan Auto Logo. Format yang diterima untuk diimpor oleh Windows Movie Maker adalah WMV,. AVI, MPG,. ASF,. WMA,. WAV, dan MP3.
Versi windows yang pertama kali menyertakan WIndows Movie Maker adalah windows ME, kemudian microsoft selalu menyertakan versi terupdate dari Windows Movie Maker di tiap Sistem Operasi Windows yang rilis, seperti Windows XP, Windows XP Media Center Edition 2005, dan Windows Vista.
Windows Movie Maker berfungsi sebagai alat untuk membuat, mengedit, capture foto dari sebuah video berjalan dan berbagi film-film rumahan. Mengkompilasi dan mengedit film dari video klip dengan drag-and-drop functionality. Menambahkan efek khusus, musik, dan narasi dengan mudah. Berbagi film melalui Web atau master itu ke DVD media. Kita juga dapat menyimpan film kembali ke DV tape dalam kamera. Versi ini adalah rilis pertama di CNET Download.com.
Windows Movie Maker bukan lagi aplikasi untuk video editing yang dapat dipandang sebelah mata. Kemampuan memoles video dan audio untuk menciptakan karya yang indah dapat di wujudkan olehnya . Satu hal kelebihan dari Windows Movie Maker gampang sekali dalam menggunakannya dan ini keuntungan besar bagi mereka yang masih baru dalam dunia perfilman.
·      Photoshop
Photoshop adalah software dari adobe yang bergelut d dunia editing photo. Pengertian simple photoshop adalah adalah sebuah software yang dapat di gunakana untuk mengedit sebuah gambar menjadi terlihat mengesan kan, dan photoshop juga dapat di jadikan sebuah lomba mengedit photo.,.hehe.,kalo yang lebih mecing nya lagi adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
Contoh-contoh kegunaan photoshop yang sering dI gunakan oleh kita sebagai berikut :
1. Graphic Designer
2. Web Designer
3. Photo Grapher
4. Public Speaker
5. Secretary
6. Stundents
7. Hobbyst
Versi-Versi adobe photoshop
Photoshop 5, 6, 7, 8, cs2, cs3, cs4, dan yang terbaru adalah adobe photoshop CS5.
·      Gom Player
Gom Player adalah software pemutar video yang saya sangat sangat sukai,,hehehe,.,jadi saya milih posting gom player kedalam 10 tools multimedia ne, pasti semua nya agan2 n eteh2 dah gx asing lagi ama software yang satu ini.
Video player asal Korea Selatan buatan Gretech Corporation ini selain gratis, juga sudah mendukung lebih banyak codec daripada Windows Media Player Standard. Adapun built-in codecnya antara lain : AC3, OGG, XVID, DIV1, DIV2, DIV3, DIV4, DIV5, DIV6, DIVX, DX50, MP41, MP42, MP43, H263, AP41, MPG4, MP4S, M4S2, MP4V, BLZO, MJPG, RMP4, DXGM, H264. GOM dapat dijalankan di system Windows XP, Vista atau ME.

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
·      Perkembangan Multimedia Menurut Morgan Stanley :
·      untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat:
§  Televisi membutuhkan waktu 13 tahun
§  TV Kabel membutuhkan waktu 10 tahun
§  Internet membutuhkan waktu 5 tahun
·      Perkembangan multimedia umumnya mengikuti perkembangan internet
·      Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
·      Layanan multimedia online sedang mengalami booming
·      Teknologi komputer, elektronik dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia yaitu mobile multimedia
·      Perkembangan Multimedia Dalam  Bidang Pendidikan
A.  Pada waktu komputer belum terlalu dikenal di indonesia, guru dalam menyampaikan pelajaran dengan tulisan atau lisan.
B.  Sekarang penyampaian bahan pengajaran lebih interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik, bahkan pengajaran secara online (E-learning)
·      Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Bisnis
Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya: NASA menggunakan multimedia untuk training flight control bagi calon astronot
·      Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Entertaiment
§  Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik à edutainment
§  Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment à animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik
§  Video/music Player

·      Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Kesehatan
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.
·      Perkembangan Multimedia Dalam Bidang Politik
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya. Contoh presiden terkini AS Barack Husein Obama menggunakan FaceBook dalam aksi kampanyenya
·      Areal Multimedia
Pelayanan kesehatan                                              Konsumen Elektronika
Sistem perhubungan pelayaran                               Bisnis dan Keuangan
Mutu Tinggi Komunikasi                                       Perpustakaan Digital
Pertunjukan atau Teater                                         Telekomunikasi
Terbitan                                                                  Elektronika Komers Koperasi
Koperasi

·      Aspek-Aspek Pendorong Berkembangnya Multimedia
Dari hari kehari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka ragamnya kebutuhan akan multimedia. Semakin banyaknya software yang bermuculan untuk membuat aplikasi berbasis multimedia ini. Dan juga beraneka ragam kebutuhan akan informasi. Aspek yang merupakan pendorong perkembangan multimedia diantaranya adalah hoby, telekomunikasi, consummer electronic, TV, movie, broadcasting industry, publishing house dll
·      Perkembangan  Multimedia Di Indonesia
Setelah satelit Palapa C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu, banyak perkembangan-perkembangan baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya satelit komunikasi diatas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Diluar Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan komunikasi yang lain, seperti internet, video conference atau video on demand. Dan proyek Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di Angkasa.
Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology mengenai multimedia sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu diasosiasikan dengan Personal Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata, multimedia terdiri dari kata multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC tersebut memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara, misalnya dari Video Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat berkomunikasi antar komputer atau jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi juga dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.




 


DAFTAR PUSTAKA
·      http://salahh.blogspot.com/2012/04/tools-multimedia.html
·      http://qwaycastle.blogspot.com/2011/03/10-tools-tools-multimedia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar