TUGAS
KELOMPOK MULTIMEDIA
“ MULTIMEDIA : TOOLS, TRENDS, APPLICATIONS ”
KELOMPOK 3 :
1.
ALI IKWAN (133040017)
2.
INDRA SULISTIONO
3.
SEPTIONO
4.
QOFA
UNIVERSITAS
WAHID HASYIM SEMARANG
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
2014
TOOLS PADA MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi
(link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari
dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Berikut ini adalah
beberapa tools multimedia sebagai berikut :
·
Macromedia Dreamweaver
Sebuah HTML editor
profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun
halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML
secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam
melakukan editing, Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan
menyediakan tool-tool yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan
pengalaman kita dalam mendesain web.
·
Windows Movie Maker
Salah satu software
bawaan microsoft windows xp yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis (meski
barang gratisan, applikasi ini bisa digunakan untuk menciptakan sebuah film
dengan sangat baik) yang mempunyai kegunaan untuk capture video dan membuat
atau merancang sebuah alur video. Meskipun fasilitas yang dimiliki oleh Windows
Movie Maker ini masih terbatas bila dibandingkan dengan software pengolah video
lainnya seperti adobe premiere, pinacle, vegas video.
·
Adobe Photoshop
Perangkat lunak editor
citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan
pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan
perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk
perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap
sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
·
Corell Draw
Sebuah program komputer
untuk melakukan editing pada garis vektor. Progam ini diproduksi oleh Corel,
yaitu sebuah perusahaan software yang pusat pengembangannya berada di Ottawa,
sebuah nama kota di negara Kanada. Karena kegunaan corel draw sebagai alat
untuk pengolahan gambar, maka program ini sering digunakan untuk menyelesaikan
perkerjan di bidang publikasi atau percetakan maupun bidang yang lain yang
butuh proses visualisasi.
·
Autocad
Sebuah program yang
biasa digunakan dalam pembentukan model serta lakaran dua dan tiga dimensi atau
lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD).
Perisian ini boleh digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam
bidang-bidang yang memerlukan kepakaran seperti bidang kejuruteraan Mekanikal,
Awam, Senibina, Rekabentuk Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan
penggunaan CAD.
Sistem perisian lukisan
terbantu komputer ini akan membekalkan kemudahan dalam penghasilan model yang
tepat untuk memenuhi keperluan piawaian di samping segala informasi di dalam lakaran
boleh digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Baham (BOM), kaedah kawalan dan
numerical dan sebagainya. Dengan bantuan sistem ini dapat menghasilkan sesuatu
kerja pada tahap kecekapan dan yang tinggi ketepatan di samping menjimatkan
masa dengan hanya perlu memberi beberapa arahan yang mudah.
Lukisan yang dibentuk
melalui perisian ini boleh dipindahbentuk untuk kegunaan perisian grafik yang
lain melalui beberapa format seperti DXF ( Data Exchanged File), IGES, dan SLD.
Tambahan pula berbantukan perisian ini juga, berkemampuan untuk membentuk dan
menganalisa model pepejal dalam kerja-kerja rekabentuk kejuruteraan. Untuk
memenuhi keperluan yang lebih canggih, perisian ini mampu membawa pengguna
mengautomasikan kerja-kerja penggunaan pengaturcaraan sokongan seperti LISP,
dan ADS untuk membentuk arahan tambahan tersendiri.
Sebelum sesuatu kerja
dilakukan, asas mengetahui sesuatu sistem perkomputeran beroperasi adalah
penting bagi memudahkan segala kerja yang dilakukan supaya tidak timbul
sebarang masalah sama ada sebelum atau selepas penggunaan sistem tersebut.Oleh
itu, perkara asas yang perlu diketahui sebelum pengendalian sesuatu komputer
adalah seperti pengetahuan dalam penggunaan sistem operasi (operating system),
penggunaan “hardware” dan “software”.
·
Microsoft Office
Microsoft office adalah
suatu program yang familiar di kalangan user computer.karena dengan kegunaan
nya yang multi fungsi. microsoft office sendiri
sudah mengeluarkan
beberapa versi nya dri mulai office 98, 2000, 2003, 2007 dan yang terbaru
office 2010. Microsoft office pun terbagi menjadi beberapa aplikasi/program
yang kegunaan nya berbeda-beda yaitu :
*Microsoft word
*Microsoft excel
*Microsoft power point
*Microsoft acces
*Microsoft info part
*Microsoft outlook
*Microsoft publisher
·
WEB
Situs dapat diartikan
sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi,
gambar, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang
bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling
terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Maka dari itu
website adalah termasuk tools dari multimedia.
·
Winamp
Winamp merupakan
perangkat lunak pemutar media milik Nullsoft , yang kini anak perusahaan Time
Warner . Winamp merupakan perisian perisian percuma / perisian kongsi yang
menampung pelbagai format dan boleh diubah kulitnya . Winamp merupakan
perangkat lunak perangkat lunak gratis / lunak kongsi yang menampung berbagai
format dan dapat terakhir kulitnya.
Winamp pertama kali
dikeluarkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Penghargaan bagi pembangunan
semasa Winamp diberi kepada Ben Allison (benski), Will Fisher , Taber Buhl,
Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis. Penghargaan untuk
pembangunan saat Winamp kepada Ben Allison (benski), Will Fisher , Taber Buhl,
Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis.
Pada tahun 2005
bilangan pengguna bulanan Winamp naik dari 33 juta ke lebih 57 juta,
menjadikannya pemain media yang kedua paling aktif digunakan [perlu rujukan]
seluruh dunia, hanya mengekori Windows Media Player.
·
Windows Movie Maker
Windows Movie Maker
merupakan salah satu software bawaan microsoft windows xp yang diberikan secara
cuma-cuma alias gratis (meski barang gratisan, applikasi ini bisa digunakan
untuk menciptakan sebuah film dengan sangat baik) yang mempunyai kegunaan untuk
capture video dan membuat atau merancang sebuah alur video. Meskipun fasilitas
yang dimiliki oleh Windows Movie Maker ini masih terbatas bila dibandingkan
dengan software pengolah video lainnya seperti adobe premiere, pinacle, vegas
video.
Movie maker ini berisi
fitur seperti efek, transisi, judul / kredit, audio track, timeline narasi, dan
Auto Logo. Format yang diterima untuk diimpor oleh Windows Movie Maker adalah
WMV,. AVI, MPG,. ASF,. WMA,. WAV, dan MP3.
Versi windows yang
pertama kali menyertakan WIndows Movie Maker adalah windows ME, kemudian
microsoft selalu menyertakan versi terupdate dari Windows Movie Maker di tiap
Sistem Operasi Windows yang rilis, seperti Windows XP, Windows XP Media Center
Edition 2005, dan Windows Vista.
Windows Movie Maker
berfungsi sebagai alat untuk membuat, mengedit, capture foto dari sebuah video
berjalan dan berbagi film-film rumahan. Mengkompilasi dan mengedit film dari
video klip dengan drag-and-drop functionality. Menambahkan efek khusus, musik,
dan narasi dengan mudah. Berbagi film melalui Web atau master itu ke DVD media.
Kita juga dapat menyimpan film kembali ke DV tape dalam kamera. Versi ini
adalah rilis pertama di CNET Download.com.
Windows Movie Maker
bukan lagi aplikasi untuk video editing yang dapat dipandang sebelah mata.
Kemampuan memoles video dan audio untuk menciptakan karya yang indah dapat di
wujudkan olehnya . Satu hal kelebihan dari Windows Movie Maker gampang sekali
dalam menggunakannya dan ini keuntungan besar bagi mereka yang masih baru dalam
dunia perfilman.
·
Photoshop
Photoshop adalah
software dari adobe yang bergelut d dunia editing photo. Pengertian simple
photoshop adalah adalah sebuah software yang dapat di gunakana untuk mengedit
sebuah gambar menjadi terlihat mengesan kan, dan photoshop juga dapat di
jadikan sebuah lomba mengedit photo.,.hehe.,kalo yang lebih mecing nya lagi
adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk
pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan
oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin
pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama
Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh
Adobe Systems.
Contoh-contoh kegunaan
photoshop yang sering dI gunakan oleh kita sebagai berikut :
1. Graphic Designer
2. Web Designer
3. Photo Grapher
4. Public Speaker
5. Secretary
6. Stundents
7. Hobbyst
Versi-Versi adobe
photoshop
Photoshop 5, 6, 7, 8,
cs2, cs3, cs4, dan yang terbaru adalah adobe photoshop CS5.
·
Gom Player
Gom Player adalah
software pemutar video yang saya sangat sangat sukai,,hehehe,.,jadi saya milih
posting gom player kedalam 10 tools multimedia ne, pasti semua nya agan2 n
eteh2 dah gx asing lagi ama software yang satu ini.
Video player asal Korea
Selatan buatan Gretech Corporation ini selain gratis, juga sudah mendukung
lebih banyak codec daripada Windows Media Player Standard. Adapun built-in
codecnya antara lain : AC3, OGG, XVID, DIV1, DIV2, DIV3, DIV4, DIV5, DIV6,
DIVX, DX50, MP41, MP42, MP43, H263, AP41, MPG4, MP4S, M4S2, MP4V, BLZO, MJPG,
RMP4, DXGM, H264. GOM dapat dijalankan di system Windows XP, Vista atau ME.
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
·
Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley :
·
untuk mencapai sebanyak
50 juta pengguna di Amerika Serikat:
§ Televisi membutuhkan waktu 13 tahun
§ TV Kabel membutuhkan waktu 10 tahun
§ Internet membutuhkan waktu 5 tahun
·
Perkembangan multimedia
umumnya mengikuti perkembangan internet
·
Pengguna CD-ROM drive
mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
·
Layanan multimedia
online sedang mengalami booming
·
Teknologi komputer,
elektronik dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia yaitu mobile
multimedia
·
Perkembangan Multimedia
Dalam Bidang Pendidikan
A. Pada waktu komputer belum terlalu dikenal di indonesia, guru dalam
menyampaikan pelajaran dengan tulisan atau lisan.
B. Sekarang penyampaian bahan pengajaran lebih interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik, bahkan pengajaran secara online (E-learning)
·
Perkembangan Multimedia
Dalam Bidang Bisnis
Sejumlah perusahaan
memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia
dalam bentuk simulasi. Misalnya: NASA menggunakan multimedia untuk training
flight control bagi calon astronot
·
Perkembangan Multimedia
Dalam Bidang Entertaiment
§ Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik à edutainment
§ Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment à animasi dan laser
show yang terintegrasi pada konser musik
§ Video/music Player
·
Perkembangan Multimedia
Dalam Bidang Kesehatan
Kini telah terdapat
alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi
keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan,
HD, dll.
·
Perkembangan Multimedia
Dalam Bidang Politik
Dalam melakukan aksi
kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih
menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini
setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke
dunia maya. Contoh presiden terkini AS Barack Husein Obama menggunakan FaceBook
dalam aksi kampanyenya
·
Areal Multimedia
Pelayanan kesehatan Konsumen
Elektronika
Sistem perhubungan
pelayaran Bisnis
dan Keuangan
Mutu Tinggi Komunikasi Perpustakaan Digital
Pertunjukan atau Teater
Telekomunikasi
Terbitan Elektronika
Komers Koperasi
Koperasi
·
Aspek-Aspek Pendorong Berkembangnya
Multimedia
Dari hari kehari
perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beraneka
ragamnya kebutuhan akan multimedia. Semakin banyaknya software yang bermuculan
untuk membuat aplikasi berbasis multimedia ini. Dan juga beraneka ragam
kebutuhan akan informasi. Aspek yang merupakan pendorong perkembangan
multimedia diantaranya adalah hoby, telekomunikasi, consummer electronic, TV,
movie, broadcasting industry, publishing house dll
·
Perkembangan Multimedia Di Indonesia
Setelah satelit Palapa
C1 dan C2 diluncurkan beberapa tahun yang lalu, banyak
perkembangan-perkembangan baru yang terjadi. Misalnya ditaburkannya satelit
komunikasi diatas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana
pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri
Communication Corporation pada Irridium Project, sebuah proyek telepon satelit
dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau
GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu pemodal pada konsorsium ICO Global
Communication (ICO-GC), sebuah telepon satelit setelah Irridium. Diluar
Indonesia, Microsoft juga merambah industri satelit layanan komunikasi yang
lain, seperti internet, video conference atau video on demand. Dan proyek
Microsoft yang terkenal saat ini adalah CyberStar atau Internet di Angkasa.
Meskipun di Indonesia
layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi terminology mengenai multimedia
sendiri masih sempit di dalam benak masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu
diasosiasikan dengan Personal Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya
sangat luas. Multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi (misalnya
komputer) dengan teknologi komunikasi (misalnya jaringan kabel coaxial atau
satelit). Kalau dipisahkan berdasarkan etimologi kata, multimedia terdiri dari
kata multi dan media. Multi berarti beragam, sedangkan Media berarti sarana
penyampaian informasi. Jika sebuah PC disebut multimedia, maka PC tersebut
memiliki kemampuan menampilkan gambar bergerak dan suara, misalnya dari Video
Compact Disc, Audio Compact Disc, serta dapat berkomunikasi antar komputer atau
jaringan komputer melalui modem.
Di Indonesia,
perkembangan multimedia tidak lagi hanya di bidang bisnis tetapi juga
dikembangkan dibidang pendidikan, politik, jurnalistik, dll. Hampir setiap
sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang
multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan
melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Di bidang politik, para pejabat
juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh.
DAFTAR PUSTAKA
·
http://salahh.blogspot.com/2012/04/tools-multimedia.html
·
http://qwaycastle.blogspot.com/2011/03/10-tools-tools-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar